Open Cbox
“Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.” (QS. Al Kahfi: 109)

Kenalan dan Belajar Meningkatkan Alexa Rank.

Beberapa hari terakhir, aku lumayan sering blogwalking. Hampir setiap Blog yang aku kunjungi kudapati kategori, label maupun judul posting yang berkaitan dengan Alexa. Ya,,,, Alexa Rank. Sebenernya sudah pernah denger sejak tahun 2008 ketika aku mulai kenal dunia Blog di sela-sela waktu penelitian. Tapi aku belum pernah kenalan lebih dekat dengan Mbak Alexa ini. Hmm....  
Hmmm,, penyakit penasaranku yang sering kambuh ternyata semakin menjadi. Akhirnya aku coba googling dan nemuin blog nya alexa (http://blog.alexa.com/). Semua tulisan pake bahasa inggris, jadi rada-rada bingung. aku coba googling lagi, ternyata berceceran tuh situs yang membahas apa itu alexa.

ALEXA. The Web Informations Company. Free traffic metrics, search analytics, demographics, and more for websites... 


Dari slogan yang ada kita bisa tau, kalau situs tersebut menyediakan pelayanan gratis untuk mengetahui besar trafik suatu situs maupun menganalisis suatu pencarian data di Search Enginer seperti Google, Yahoo, MSN ataupun yang lain dengan tool yang disediakan.


Situs terbaik memiliki Alexa Rank yang rendah. Semakin rendah Alexa maka semakin populerlah situs tersebut. Sepuluh situs terbaik dari data yang aku dapat saat ini adalah:


1. Google
2. Facebook
3. Youtube
4. Yahoo
5. Live
6. Baidu
7. Wikipedia
8. Blogger
9. MSN
10. Tencent


Sedangkan situs sainsalquran.com (dulu ainimalia's kingdom) saat pertamakali ngecek berada di rangking 5.886.144. Woowww... Angka yang sangat besar... dan setelah 3 hari aku cek lagi, hasilnya seperti gambar di bawah ini,
Peningkatan yang cukup signifikan aku rasa... dari 5.886.144 menjadi 4.612.914, dari seluruh situs yang ada di dunia. Sedangkan dari situs di Indonesia situs sainsalquran.com  masih menduduki peringkat 71.227. Hmmm,.... masih harus belajar banyak hal untuk meningkatkan trafik.

Cukup sekian dulu ulasan dariku tentang Mbak Alexa. Sekedar menjawab pertanyaan temen di facebook yang memang belum tau dengan Alexa ini. Khususnya sahabat FB ku yang paling setia, Yuli Ani dan Muhammad Fauzi. Mudah-mudahan sedikit terpuaskan yaah... Kalu temen-temen blogger pasti sudah lebih familiar dan akrab dengan Alexa Rank. Sedangkan aku masih butuh waktu banyak untuk belajar lebih lanjut.. ^_^




Tulisan Berikut Juga Menarik Untuk Dibaca

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Jangan Lupa Kasih Komentar ya...dengan santun dan bijak tentunya.....^_^

SAHABAT, bukanlah dia yang selalu membenarkan seluruh kata-kata kita...

SAHABAT adalah ia yang mau mengingatkan ketika kita terlupa...

Jadi Sahabat SQL Yuk!

Terima kasih sahabat SQL...... Hak Cipta Milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala. SainsalQuran.Com Hanya Mencoba Belajar dan Berbagi Sedikit Dari Ilmu Allah Yang Luas