Open Cbox
“Katakanlah, kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun kami datangkan tambahan sebanyak itu pula.” (QS. Al Kahfi: 109)

Replacement Gen pdc pada Zymobacter Palmae dengan gen D-ldh dari Geobacillus stearothermophillus

ABSTRAK
SRI NURUL ‘AINI. J2B003098. REPLACEMENT GEN PDC PADA Zymobacter palmae DENGAN GEN LDH DARI Lactobacillus plantarum UNTUK OPTIMASI PRODUKSI ASAM LAKTAT. LABORATORIUM CHARBOHYDRAT BIOENGINEERING OF RESEARCH GROUP. LIPI. DIBAWAH BIMBINGAN HERMIN PANCASAKTI KUSUMANINGRUM, REJEKI SITI FERNIAH DAN BUDI SAKSONO.

Sejak 50 tahun terakhir, plastik yang berasal dari bahan petrokimia telah banyak digunakan dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Namun limbah plastik yang terakumulasi di lingkungan tidak mampu didegradasi oleh bakteri. Hal tersebut menjadi masalah besar baik di daratan maupun di lautan. Polimer biologi seperti poly lactic acid (PLA) sedang dikembangkan sebagai bahan alternatif pembuatan plastik biodegradable. PLA merupakan polimer dari asam laktat. 


Asam laktat juga sangat dibutuhkan dalam industri makanan. Kebutuhan akan asam laktat diperkirakan akan terus meningkat, sehingga perlu adanya suatu pendekatan untuk meningkatkan produksi asam laktat. Laktat dehidrogenase (LDH) adalah enzim yang berperan penting dalam mengkatalisasi reaksi reduksi senyawa piruvat menjadi laktat. Pencarian bakteri sumber gen ldh penyandi enzim LDH telah dilakukan dan didapatkan gen D-ldh dari Lactobacillus plantarum. Gen D-ldh dengan panjang 999 pasang basa penyandi enzim LDH D pada L. plantarum telah diisolasi, diamplifikasi dengan metode PCR, kemudian diinsersikan ke dalam plasmid pGEM-T Easy. Zymobacter palmae adalah bakteri etanologenik yang mampu memetabolisme gula heksosa dengan spektrum yang lebih luas dibandingkan mikroorganisme lain dan menghasilkan etanol sebagai produk utama. Z palmae diketahui memiliki gen pdc penyandi enzim piruvat dekarboksilase (PDC), tetapi tidak memiliki gen D-ldh. Pada penelitian ini, akan dilakukan pendekatan baru dalam teknologi DNA rekombinan, yaitu melakukan replacement gen pdc pada Z. Palmae dengan gen D-ldh dari L. Plantarum. Hasil Z palmae rekombinan diharapkan mampu memproduksi asam laktat saja dalam jumlah yang lebih besar.

Kata kunci: laktat dehidrogenase (LDH), gen D-ldh, Zymobacter palmae, PCR, replacement gen.



Ini salah satu Abtrak dari Skripsiku yang gagal.............

Tulisan Berikut Juga Menarik Untuk Dibaca

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Jangan Lupa Kasih Komentar ya...dengan santun dan bijak tentunya.....^_^

SAHABAT, bukanlah dia yang selalu membenarkan seluruh kata-kata kita...

SAHABAT adalah ia yang mau mengingatkan ketika kita terlupa...

Jadi Sahabat SQL Yuk!

Terima kasih sahabat SQL...... Hak Cipta Milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala. SainsalQuran.Com Hanya Mencoba Belajar dan Berbagi Sedikit Dari Ilmu Allah Yang Luas